EFEKTIVITAS AJAR FISIKA BERBASIS PROBLEM POSING PADA MATERI HUKUM NEWTON

  • niama restiharahap niamarestiharahap institut pendidikan tapanuli selatan
  • Lia Purnama Sari
  • Febriani Hastini Nasution
Keywords: Bahan Ajar Fisika, Problem Posing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar fisika berbasis problem posing pada materi hukum newton terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA di Desa Siamporik Dolok sebanyak 25 siswa, dan sekaligus yang menjadi sampel penelitian ini. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa penggunaan bahan ajar fisika berbasis problem posing pada materi hukum newton efektif digunakan dalam proses pembelajaran siswa SMA kelas X IPA. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis pre-test dan pos-test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05.  Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.

Published
2021-08-29