PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMA MATERI TERMODINAMIKA

  • Khairunnisa Sihombing ipts
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution
  • Lia Purnama Sari
Keywords: Blended Learning, Handout, Kompetensi Siswa, Termodinamika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Blended Learning berbantuan Handout terhadap kompetensi siswa materi termodinamika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain two group pretest-postest desain. Sampel penelitian ini sebanyak 50 siswa yang yerdiri dari 2 kelas yaitu XI IPA1 DAN XI IPA2, dengan teknik pengambilan sampel adalah total samplig. Berasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan Handout terhadap kompetensi siswa pada materi termodinamika. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji independent sample test yang telah dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.

Published
2022-07-30