IMPLEMENTASI LITERASI SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN T.A 2020/2021

  • Tina Saro Barumun SMA Negeri 6 Padangsidimpuan
Keywords: Literasi, Pembelajaran Sejarah, Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dalam mengimplementasikan literasi sejarah pada pembelajaran sejarah masa Pembelajaran Daring di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) wawancara; (2) observasi, dan 3) catatan lapangan, dengan satu informan kunci yaitu guru sejarah dan informan pendukung siswa Kelas X IPS. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa guru telah memiliki penguasaan terhadap aspek penting literasi sejarah yang diterapkan dalam pembelajaran sejarah sesuai dengan literasi sejarah Maposa dan Wasserman. Meskipun demikian, secara pemahaman konseptual guru memahami konsep literasi sejarah sama dengan literasi tradisional serta tingkat literasi siswa yang masih dalam kategori rendah.

Published
2021-06-26