ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

  • Nabilah Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Aktivitas, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Dampak  pandemik  Covid-19  mempengaruhi  kondisi  psikologis  dan  perubahan  perilaku manusia  yang  sifatnya  lebih  luas  dalam  jangka  waktu  yang  lebih  panjang.  Hal  ini  juga  berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia.  Pengajar dan  peserta didik akan terbiasa melakukan interaksi pembelajaran jarak jauh. Penelitian  ini  bertujuan untuk menganalisis  aktifitas  pembelajaran  daring  pada  masa  pandemi  Covid-19  di  Program Studi Pendidikan Biologi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  dengan pendekatan  kualitatif  dengan  informan  terdiri  dari  dosen  dan  mahasiswa  di  Program Studi Pendidikan Biologi.  Bersdasarkan  hasil  penelitian  dapat  diketahui  bahwa  pembelajaran  yang  dilakukan  pada masa pandemi Covid-19 di jurusan pendidikan menggunakan model daring dengan aplikasi berupa : google meet,  zoom,  whatsapp, google  classroom,  youtube dan facebook. Pelaksanaan  pembelajaran  daring  berjalan  dengan  lancar,  walaupun  dirasakan  kurang ideal. Hasil belajar mahasiswa bervariasi, mulai dari kurang memuaskan, cukup hingga baik.  Kendala yang  dihadapi  mahasiswa  dan  dosen  dalam  pembelajaran  daring  antara  lain  :  ketersediaan  kuota internet, jaringan yang tidak stabil, dan alat penunjang seperti laptop.  Pembelajaran daring dinilai efektif jika diterapkan pada masa pandemi Covid-19 namun diperlukan model yang lebih variatif agar tetap menarik jika digunakan dalam jangka panjang.

Published
2021-09-23