PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI GERAK LURUS

  • Henni Susanti Pasaribu Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: model pembelajaran CTL, hasil belajar, gerak lurus

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di MAN. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MAN. Terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total sampling. Maka jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 46 siswa. Observasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,1 dan berada pada kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan pada analisis hasil belajar siswa pada materi gerak lurus sebelum menggunakan model pembelajaran CTL diperoleh nilai rata-rata 62,29 berada pada kategori “Kurang”. Sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran CTL diperoleh nilai rata-rata 80,63 berada pada kategori “Baik”. Untuk mengetahui apakah hipotesis tersebut dapat diterima atau ditolak maka digunakan rumus uji t-tes sehingga diperoleh thitung = 5,52 dan ttabel = 1,72. Karena nilai thitung > ttabel (5,52 > 1,71), maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di MAN.

Published
2020-05-16