UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 200201 PADANGSIDIMPUAN SELATAN

  • Selfi S.Pd.,SD SD Negeri 200201
Keywords: Prestasi Belajar, Metode Inkuiri, Pencernaan

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dengan penerapan  Metode Inkuiri adalah untuk mengetahui bagaimana capaian prestasi siswa kita dalam memahami,  mengerti dan dapat menguasai materi pelajaran sistem pencernaan manusia  di Kelas V SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan setelah dilakukan perlakuan dengan konsep pembelajaran Inkuiri. Ternyata metode Inkuiri ini dapat terasa bagi siswa kelas V SD Negeri 200201 terbukti hasil peningkatan pemahaman materi dari pra siklus rata-rata siswa memahami materi cara membuat memahami sistem pencernaan manusia. Pada saat pra siklus rata-rata siswa memahami materi sistem pencernaan manusia 45,8, setelah di beri kesempatan pada siswa dengan langkah-langkah pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata siswa memahami materi sistem pencernaan manusia adalah 72,8. Penulis tidak merasa puas maka melanjutkan penelitian ini pada siklus II di peroleh rata-rata siswa memahami materi sistem pencernaan manusia adalah 80,55. Penerapan metode inkuiri mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran metode inkuiri memiliki dampak positif terhadap pemahaman materi pelajaran yang diajarkan, dimana dengan metode ini siswa dipaksa untuk menemukan materi dan menyimpulkan materi tentang sistem pencernaan manusia, dan sifat-sifat dan organ sistem pencernaan manusia setelah mereka bereksperimen dengan sistem pencernaan manusia, sekaligus menyimpulkan satu kesimpukan dari tujuan pembelajaran di kelas V di SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan. Disamping itu tingkat kepuasan siswa setelah di lakukan wawancara 76,5 % pada siklus I merasa metode pembelajaran ini sangat disukai siswa kelas VI SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Namun tingkat  kepuasan siswa dengan metode inkuiri ini meningkat menjadi 80,2 % pada siklusII. Hasil Prestasi siswa untuk materi sistem pencernaan manusia pada siklus pertama diperoleh rata-rata 72,8. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan kelompok diperoleh rata-rata pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan manusia meningkat menjadi 80,55. Penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan metode Inkuiri pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan meningkat pemahamannya dan siswa merasa senang belajar dengan metode inkuiri.

Published
2021-05-11