PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang diajar menggunakan direct instruction; 2) mengetahui perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan awal berbeda; dan 3) menjelaskan ada tidaknya interaksi antara penggunaan model kooperatif tipe NHT dan direct instruction terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 pada SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Taman Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 640 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling di mana yang diacak adalah kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas 7A dan 7C SMP Negeri 2 Taman serta 7C dan 7D SMP Negeri 3 Taman yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model kooperatif tipe NHT dan kelompok kontrol yang diberi perlakuan direct instruction. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan awal dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang diajar menggunakan direct instruction; 2) ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah; dan 3) tidak ada interaksi antara penggunaan model kooperatif tipe NHT dan direct instruction terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal.
Article Details
References
Astuti, F. D. (2013). Pengaruh Kemampuan Awal dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Proyek Tugas Akhit pada Mata Pelajaran Pengopersian dan Perakitan Sistem Kendali di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasrida. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo. Tesis Diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/4318/1/HASRIDA.pdf
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), pp. 37-44. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Kurnia, V. T., & Damayani. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), pp. 192-201. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), pp. 76-84. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Marasiwi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(1), pp. 19-26.
Nur, M. I., Salam, M., & Hasnawati. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), pp. 99-112. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3055/2292
Pahlevi, A., Damayani, A. T., & Kiswoyo. Keefektifan Model NHT Berbantu Media Sapuan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(1), pp. 9-15. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Pradana, L. N. (2015). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Kontektual pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran,5(1), pp. 103-111.
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal Mosharafa, 6(1), pp. 117-128. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
Russel, J. D., Smaldino, S. E., & Lowther, D.L. (2011). Instructional Technology Media For Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, R. Y., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika pada Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), pp. 51-56. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Sukarmiarti, M. (2014). Pengaruh Strategi Direct Instruction, Diskusi dengan Memanfaatkan Media LCD dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Wardani, C. K., & Siswanto. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif NHT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(2),pp.89-96. https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10312