ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM PENGELOLAAN MICROTEACHING DENGAN SIKLUS PENETAPAN, PELAKSANAAN, EVALUASI, PENGENDALIAN DAN PENINGKATAN (PPEPP) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR CALON GURU INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN

Main Article Content

Armansyah Lubis Hanafi . Rabiyatul Adawiyah Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mahasiswa IPTS dalam mengaplikasikan keterampilan mengajar mengadakan variasi dalam kegiatan PPL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPL NPM 2015 tahun ajaran 2018/2019, sedangkan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 103 orang. Hasil analisa data menunjukkan bahwa gambaran mahasiswa PPL mengaplikasikan keterampilan mengajar mengadakan variasi secara keseluruhan diperoleh nilai persentase 8,10% kategori kurang. Kemampuan untuk variasi suara dengn persentase 43%, pemusatan/perhatian dengan persentase 34%, pemberian waktu atau kesenyapan dengan persentase 39%, mengadakan kontak pandang dengan persentase 26%, pada indikator gerakan badan/ mimik wajah dengan persentase 34%  dan perubahan posisi dengan persentase 26%. Berdasarkan Hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa

Article Details

How to Cite
[1]
A. Lubis, H. ., and R. Siregar, “ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM PENGELOLAAN MICROTEACHING DENGAN SIKLUS PENETAPAN, PELAKSANAAN, EVALUASI, PENGENDALIAN DAN PENINGKATAN (PPEPP) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR CALON GURU INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 57, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Elmy, M. 2013. Penerapan Microteaching Berbasis Pembelajaran PKn Kontekstual dalam Pembangunan Kompetensi Mengajar (Pedagogik) Mahasiswa (Studi Eksperimen Kuasi pada Mahasiswa Pkn Fkip Unlam Banjarmasin). Tesis.Tidak diterbitkan+journal+&ie=utf-8&oe=utf-8 diakses tanggal 20 April 2014.
Ernawati & Hilwati. 2001. Pengembangan
Mutu Perguruan Tinggi Dengan Pola Manajemen Terpadu.Makalah
Lokakarya Asistensi Penyusunan
Statuta PTS di Lingkungan Kopertis
Wilayah IV, di Bandung, 25 November 2000.
Fitrah. 2018. Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Volume 4 Nomor 1 Pebruari 2018. ISSN : 2548-3110 (Online). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM.
Peker, M. 2009. The Use of Expanded Microteaching for Reducing Pre-Service Teachers’ Teaching Anxiety about Mathematics. Journal of Scientific Research and Essay. 4 (9): 872-880.
Kilic, A. 2010. Learner-centered Microteaching in Teacher Education. International Journal of Instruction, ISSN: 1694-609 x, Januari 2010. Vol 3 no. 1 (on line) http://www.google.com/search?q=miroteaching
R. Siregar, A. Lubis, W. ., and D. Harahap, “WORKSHOP PENYUSUNAN RPPH K-13 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENANAMKAN KAREKTER ANAK USIA DINI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 95,
R. Siregar, N. Sinaga, I. Hatchi, and A. Lubis, “ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS) DALAM MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN MENGAJAR MENGADAKAN VARIASI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 95, Jan. 2019.Apr. 2019.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran.Jakarta: Rajawali press.
Sapendi. 2016. Manajemen Kepemimpinan Berbasis Mutu untuk Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal At-Turats Vol. 10 No. 2 (2016) 65 – 76 (online). https://www.google.com/search?safe=strict&ei=5hAgXZ2HA4b49QPk7q3QDQ&q=jurnal+penerapan+siklus+ppepp+dalam+pembelajaran+mengadopsi+SPMI&oq=jurnal+penerapan+siklus+ppepp+dalam+pembelajaran+mengadopsi+SPMI&gs_l=psy-ab.3..0i71l8.47860.49080..49520...0.0..0.0.0.......0....1..gws-wiz.JJCDIUENKiY.
Sastrawan, K. B. 2016. Profesionalisme Guru
Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.
Sutama. 2011. Pengelolaan Pembelajaran Matematika, Berbasis Aptitude Treatment Interaction. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Usman Uzer.2007. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya