PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ENCORE VS PARTITUR LAGU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SURABAYA DAN SMP NEGERI 3 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/20

Main Article Content

Azis Mustaqim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ansambel musik siswa SMP kelas VIII yang diajar menggunakan metode kooperatif dengan media encore vs media partitur lagudan motivasi belajar siswa. Penelitian didasarkan pada temuan di lapangan bahwa pemahaman konsep refleksi siswa masih lemah, sehingga banyak terjadi kesalahan konsep pada pembelajaran musik ansambel, salah satu penyebab lemahnya  pemahaman siswa adalah kurangnya keterlibatan aktifitas siswa saat pembelajaran. Sehubungan dengan itu maka perlu dipilihkanmedia pembelajaran yang sesuai dan dapat melibatkan aktivitas siswa secara maksimal. Salah satu media yang dapat membantu mengembangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran musik ansambel adalah media software encore. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Ramdomized Control-Group Pre-test, post-test, design pre-tes, post test, control-Group design dengan dua macam perlakukan. Di dalam model ini dimulai perlakuan  kedua kelompok diberi tes awal atau pre-test, untuk mengukur kondisi awal , selanjutnya pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberi perlakuan yaitu denganmemberi tes lagi sebagai post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A dan VIII B di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probalitas (Probalitas Sampling), yaitu setiap aggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi angota sampel. Metode sampling yang dipakai adalah metode undian , variabel dalam penelitian ini meliputi, (1) variabel bebas : Metode kooperatif dengan media encore, (2) variabel moderator: motivasi belajar, (3) variabel terikat : hasil belajar. Analisis data hasil penelitian digunakan pengujian validitas, reliabilitas, homogenitas dan normalitas, serta anova satu jalur untuk hipotesis (H1) dan hipotesis (H2) dan anova dua jalur untuk hipotesis (H3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode kooperatif dengan media encore terlihat menunjukkan hasil yang lebih baik daripada pembelajaran metode kooperatif dengan media partitur, dengan rata hasil metode kooperatif dengan media encore mencapai 81,864 sedangkan metode kooperatif dengan media partitur 76,386.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Mustaqim, “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ENCORE VS PARTITUR LAGU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SURABAYA DAN SMP NEGERI 3 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/20”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 262, Aug. 2019.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka CIpta
Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik Yogyakarta. Kanisius.
Bastomi, Suwaji. 1992. Wawasan Seni, Semarang: IKIP Semarang pers.
Budiningsih, Asri.C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiaji, Irham Priyo. 2017. Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Instrumen Musik Siswa Pada Ekstrakurikuler Band Melalui Metode Cooperative Learning Di Sma Negeri 1 Ngluwar.Jurnal Pendidikan Seni Musik Volume 6, Nomor 8, Tahun 2017
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/musik/article/view/9821. Tanggal akses 15 Mei 2018
Dahar, Ratna Willis. 1998. Teori-Teori Belajar. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. Jakarta
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.
Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang : UMM Press
Ibrahim, Muslimin. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.
Johar, Rahmah. Hanum, Latifah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : CV. Budi Utama
Lie, Anita. 2000. Cooperative Learning. Jakarta : PT. Garasindo
Muhibin, Syah. 2003, Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Mustaji. 2009. Desain Pembelajaran, Surabaya: Unesa University Press.
Pendidikan Dan Pelatihan Profesi Guru Kouta 2008. ModuL Seni Budaya. Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Riduwan. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Rusijono, dkk. 2008. Penelitian Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Universitu Press.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana Prenada Media Group
Sardiman AM. 2001, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiarto, Bambang. 2009. Mengajar Siswa Belajar. Surabaya: University Press.
Suhardjono, dkk. 2006. Metodologi Penelitian. Surabaya: Unipa Pasca Sarjana.
Suparno, Paul. 2004: Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta : Kanisius
Suryanti, dkk. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif., Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini,dkk. 2006. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Parta, Handy. 2009. Encore 4.5 Musik. (http://handypartha. wordpress. com/ 2009/07/29/Encore-4-5-musik/). Diakses pada tanggal 12 Mei 2018.
Rihjayati, Erna. 2013. Penerapan Software Encore Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii-D Dalam Pembelajaran Aransemen Di Smp Negeri 1 Bantul.Eprint.uny.ac.id
http://eprints.uny.ac.id/19612/1/Erna%20Rihjayati%2007208241022.pdf. Tanggal akses 25 Mei 2018