ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN SOSORGADONG

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN SOSORGADONG

  • Roslian Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Tamin Ritonga Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Donpipin Simatupang Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Abstract

Learning motivation is a factor that has a lot of influence on students’ achievement. Changes in the education world in the Covid -19 pandemic are still being felt today. This situation provides opportunities for students to play in learning and causes their learning motivation to decrease. The aim of the research is to describe learning motivation of students in Sosorgadong environment. The approach of the research used qualitative descriptive by using questionnaire (Guttman scale) and interview (students and parents as the informant) in collecting the data.  The result of the research 1) based on the interview with the students and parents, learning motivation is less and 2) based on questionnaire shows the average of learning motivation is 60 (less category). It’s concluded learning motivation of students in Sosorgadong environment in the Covid -19 pandemic is less.  

References

Apriadi, M. A., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEBELUM DAN SESUDAH MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal MathEdu, 4(1), 133‑144.
Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Oleh. Mathematic Education Journal)MathEdu, 3(3), 142‑146. Repéré à http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarata: Rineka Cipta.
Daris, Syamsul. 2017. Motivasi Belajar Pada Anak Jalanan (Di Kota Samarinda). PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Program Studi Psikologi Fisipol Universitas Mulawarman. Volume V tahun 2020
Hamdu, Ghullam dan Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitilian Pendidikan. Volume XII Tahun 2020
Kusuma, Zuhaira Laily dan Subkhan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. Volume IV Tahun 2020
Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Pakpahan, Roida dan Fitriani, Yuni. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal Of Informatian System, Applied, Management, Accounting And Research (JISAMAR). Volume IV Tahun 2020
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka media.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka media.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Siregar, Evaline dan Nara Hartini (2010). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. 2015. Belajar Dan Factor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yuniastuti, Euis. 2013. Peningkatatn Keterampilan Proses, Motivasi, Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Stategi Pembelajaran Inkuiri, Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP KartikaV-I Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia. Volume XIII Tahun 2020
Published
2022-03-01
How to Cite
Lubis, R., Ritonga, T., & Simatupang, D. (2022, March 1). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN SOSORGADONG. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 34 - 40. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.2247