ANALISIS KESIAPAN BELAJAR DARING SISWA KELAS VII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SIMPANG TIGA LAEBINGKE KECAMATAN SIRANDORUNG

ANALISIS KESIAPAN BELAJAR DARING SISWA KELAS VII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SIMPANG TIGA LAEBINGKE KECAMATAN SIRANDORUNG

  • Holong Sumurung Siagian Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Tamin Ritonga Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

The aim of this study is to describe students’ readiness in learning online at seventh grade students in Simpang Tiga Laebingke, Sirandorung sub-district. The approach of the research used qualitative descriptive. Triangulation was used in checking data validity by using questionnaire (Guttman scale), observation, and interview (for students and Mathematics teacher) in collecting the data.  The result of the research shows 1) based on questionnaire shows the average of students’ readiness in learning online  is 65.33 (poor category), 2) based on interview shows the students have poor category students’ readiness in learning online , and 3) based on observation shows the students have poor category students’ readiness in learning online.

References

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajardan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. 2008. Strategi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi. Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika: JPF. Volume 5 Nomor 1.
Faridatur Rohmah, 2016, “Analisis Kesiapan Sekolah Terhadap Penerapan Pembelajaran Online (E-Learning) di SMA Negeri 1 Kutowinangun”.
Hamalik, Oemar, 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Husein, Umar. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriastuti, Ambar. 2017. Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. Volume 1 Nomor 1.
Kemendikbud. 2020. Surat edaran pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus Disease (covid- 19). Diakses 23 November 2020, dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri.
Laksmi, Dewi. 2017. Rancangan Program Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Kurikulum Pem-Belajar Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Edutech, Vol.16, No.2, Juni 2017.
Mulyani. Dessy. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling: Konselor. Volume 2 Nomor 1.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Riyanto ,Yatim. 2009. Paradigm Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2011, Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Jamal Syamsul, 2020, dengan judul penelitian “Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan.”
Wahyu. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2021-07-01
How to Cite
Siagian, H., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021, July 1). ANALISIS KESIAPAN BELAJAR DARING SISWA KELAS VII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SIMPANG TIGA LAEBINGKE KECAMATAN SIRANDORUNG. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194-201. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2530