PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Perkembangan teknologi produksi sandang di kelas III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik test soal untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, lembar observasi pendidik, penilaian aktivitas peserta didik lembar observasi peserta didik, penilaian sikap dan aktivitas peserta didik, untuk mengetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan aktivitas peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN yang berjumlah 19 orang. Peningkatkan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 83,33% dan siklus II 95,83%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 55% dengan kategori “Rendah” Dan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 77% dengan kategori “Tinggi”. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Perkembangan teknologi produksi sandang di kelas III SD. NEGERI 101230 SABABANGUN.
References
Yuani Dwi Fasih. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Media Manipulatif Di Kelas IV SD Negeri Karangayu 02 Semarang. Skripsi. Universitas Negri Semarang.
Gimanjar Dimas. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V SD N Ngluwar 1 Kecamatan Ngluwar Magelang. Skirpsi. Universitas Negri Yogyakarta.
Hapipi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik ( PMR) Sebagai Basis Pembelajran Matematika. Pendidikan Matematika Realistik. Vol.4 No.1
Holisin Iis. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik. Didaktis. Vol.5. No. 3.ISSN 1412-5889.
Hutauruk Pindo dan Simbolan Rinci. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal. Vol.8. No 2. P-ISSN : 2355-1720, e- ISSN : 2407-4926.
Kamarulloh. 2017. Pendidikan Matematika di Sekoalah Kita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol. 1. No. 1. ISSN: 2549-3906.
Khotimah, Husnul Sita dan Sa’ad Muhammad. 2020. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Voleme 4. Nomor 3. p-ISSN: 1858-4543. e-ISSN: 2615-6091.
Maisaroh Dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil BELAJAR Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tive Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. Volume 8 Nomor 2.
Murdani, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP NEGERI ARUN LHOSEUMAWE. Jurnal Peluang. Volume 1. Nomor 2. ISSN: 2302-5158.
Nuhung, H. Khaerunnisa. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistikpada Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Julnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1. No.1.
Pebriana, Hana Putri. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR) Pada Siswa Kelas SDN 003 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1. No 1. ISSN 2579-9258.
Priansa, Donni Juni. 2019. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA.
Putra, Dwi Harry dan Nurfauziah Puji.2015. Analisi Penerapan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SD/MI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Silliwangi. Vol 2. No 1.
Rangkuti Nizar Ahmad.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media
Riyanto Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/ Pendiddik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualiatas. JAKARTA. KENCANA PRADANA MEDIA GRUP.
Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: PT. CIPUTAT PRESS.
Siregar, Choiro Nur dan Marsigit. 2015. Pengaruh pendekatan Discovery yang menekankan aspek analogi terhadap perestasi belajar, kemanpuan penalaran, kecerdasan emosianal spritual. Jurnal riset pendidikan matematika. Volume. 2. Nomor. 2. Print ISSN: 2356-2684, Online ISSN: 2477-1503
Suandito Billy. 2017. Bukti Informal dalam Pembelajran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematiaka. Vol. 8. No. 1.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Adminidrasi. Alfabeta, Bandung.
Susanti, Prima Danu Astri. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Basid Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. ISSN : 2528-5564.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riyanto Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/ Pendiddik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualiatas. JAKARTA. KENCANA PRADANA MEDIA GRUP.