PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DARING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KALKULUS PEUBAH BANYAK

Indonesia

  • Haritsah Hammamah Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Puspa Riani Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Rika Anggita Universitas Graha Nusantara
  • Erwin Erwin Universitas Graha Nusantara
  • Fitri Jelita Universitas Graha Nusantara

Abstract

Kalkulus Peubah Banyak merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara. Mata kuliah ini terdiri dari tiga (3) sks bagi semester III. Mata kuliah ini mempelajari antara lain tentang sistem koordinat dalam ruang-tiga, fungsi dua variabel atau lebih, fungsi bernilai vektor, integral lipat, serta teorema integral. Kalkulus Peubah Banyak ini juga merupakan mata kuliah prasyarat untuk mengikuti mata kuliah yang lain seperti kalkulus differensial, kalkulus integral, dan lain sebagainya. Untuk membantu dosen dan peserta didik dalam proses perkuliahan kalkulus peubah banyak ini diperlukan suatu bahan ajar yang efektif dan mudah dipahami agar tujuan pembelajaran tercapai. Bahan ajar adalah seperangkat alat yang dibuat secara sistematis dan terstruktur digunakan untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Bahan ajar dikelompokkan dalam beberapa jenis, salah satunya bahan ajar daring (online). Bahan ajar daring yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yang dapat diakses secara daring (dalam jaringan) yang menggunakan jaringan internet dengan memanfaatkan teknologi dan informasi dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan misalnya komputer dan handphone. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengembangan bahan ajar yaitu suatu cara atau proses yang sistematis untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, serta mengevaluasi isi dan strategi pembelajaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Selanjutnya, dalam pengembangan bahan ajar daring tersebut digunakan sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks yang disebut dengan Project Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian Research and Development. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan suatu produk atau menyempurnakan produk yang sudah ada sebelumnya. Terdapat lima langkah pengembangan model ADDIE yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation.

References

Abidin, Zainal. (2007) Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Awalluddin (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indinesia. Yogyakarta: Deepublish.
Iskandar, Wiryokusumo dalam Afrilianasari. (2014). Teori Pengembangan. Persada.
Isman, Mhd. (2016). Pembelajaran media dalam jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.
Made Wena. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Malyana. Andasia. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 1(1):67-76.
Malyana. Andasia. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 1(1):67-76.
Prastowo. A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto, A. Pramono, R. Asbari, M. Santoso, P. B. Wijayanti, L. M. Choi, C.H. & Putri, R. S. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychologi and Counseling.
Sofyana & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8.1,81-86
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Trianto. (2004). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wang, B.T. Teng, C.W. & Lin Y.H. Lets Go Traveling-Project Based Learning in a Taiwanese Classroom. International Journal of Information and Education Technology. Vol. 5, No. 2. Hal 84-88.2015.
Published
2022-11-01
How to Cite
Harahap, H., Nasution, P., Anggita, R., Erwin, E., & Jelita, F. (2022, November 1). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DARING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KALKULUS PEUBAH BANYAK. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 11-16. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.4466