PENERAPAN FLIPPED CLASSROM BERBASIS YOUTUBE DI PRODI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA

Main Article Content

Muhammad Syahril Harahap Sartika Rati Asmara Nasution

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah di Institut Pendidikan Tapanuli Sealatan Program Studi Pendidikan Matematika telah terlihat secara kuantitatif saat observasi kelas di IPTS. Sehubungan dengan keterkaitan tersebut maka penting mengembangkan pembelajaran yang efektif untuk kemampuan pemecahan masalah matematis. Pemecahan masalah matematis disini adalah pemecahan masalah soal soal tidak biasa (Non Routine) guna bekal dalam persaingan global. Salah satu pembelajaran yang sesuai jika ditelusuri secara teoritis adalah pembelajaran Flipped Classroom sebab pembelajaran ini akan memberikan sentuhan baru berupa variasi mengajar menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran online. Dalam hal ini youtube menjadi aplikasi pilihan yang tepat. Berangkat dari fenomena tersebut, target khusus yang ingin dicapai adalah ingin menyumbang pemikiran tentang bagaimana menciptakan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang masuk dalam kategori pemikiran tingkat tinggi (High Order Thinking). Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen semu. Dengan hasil observasi penerapan model pembelajaran flipped classroom oleh peneliti di prodi matematika IPTS telah dilaksanakan sebesar 3,8 yang jika dikategorikan adalah sangat baik. Kemudian kemampuan pemecahan masalah mahasiswa juga ikut meningkat dengan meningkatan dari rata rata 51.6 menjadi 81,6 serta banyaknya aktifitas-aktifitas positif yang terjadi setelah dilaksanakannya model pembelajaran ini.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Harahap and S. R. Nasution, “PENERAPAN FLIPPED CLASSROM BERBASIS YOUTUBE DI PRODI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 1, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Laine, A., Näveri, L., Pehkonen, E., Ahtee , M., Hannula, M. 2012. Third-graders' problem solving performance and teachers' actions. Proceedings from the 13th ProMath conference, September 2011 (69-81). Umeå, UMERC.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Jenkins, A., Healey, M., & Zetter, R. (2007). Linking teaching and research in Departments and disciplines.York: Higher Education Academy.
Harahap, MS. Dan Fauzi, R (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. 4(5)
Polya, G. 1957. How To Solve It. Peinceton University Press
Johnson, L. W., & Renner, J. D. (2012). Effect of the flipped classroom model on a secondary computer applications course: Student and teacher perceptions, questions and student achievement (Unpublished doctoral dissertation). University of Louisville, Louisville, KY
Moran, Clarice M., Carl A. Young. (2015). Questions to consider before flipping, The Phi Delta Kappan, 97(2) 42-46.
Fulton, Kathleen P. 2012. 10 reasons to flip, The Phi Delta Kappan, 94(2) , 20-24.
Wikipedia, “Youtube,”. the free encyclopedia. https://en.wikipedia.org/wiki/YouTube
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Harahap, MS. (2018) “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Penggunaan Bahan Ajar RME (Realistic Mathematic Education)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, p. 56