PENGEMBANGAN MODUL BORDIR MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI TATA BUSANA SMK AL-MUJTAMA’ PAMEKASAN

Main Article Content

Sulis Tri Astuti Suryaman . Yoso Wiyarno

Abstract

Pengembangan modul bordir untuk siswa kelas XI tata busana dimaksudkan untuk menyediakan media pembelajaran yaitu berupa modul sebagai bahan ajar untuk membantu siswa atau mempermudah siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bordir yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran membuat hiasan busana sehingga siswa termotivasi dalam belajar khususnya kompetensi produktif tata busana membuat hiasan busana bordir yang berhubungan dengan teori yang akan diterapkan pada praktek. Penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan (R&D) model Dick and Carey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian tata busana SMK Al-Mujtama’ Pamekasan. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket dan lembar pengamatan. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul bordir sebagai bahan ajar sangat layak digunakan dalam mata pelajaran membuat hiasan busana dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMK. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat persentase kelayakan produk dari: 1) ahli materi sebesar 88%; 2) ahli desain sebesar 83%; 3) teman sejawat sebesar 94%; dan 4) respon peserta didik sebesar 87,2%.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Astuti, S. ., and Y. Wiyarno, “PENGEMBANGAN MODUL BORDIR MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI TATA BUSANA SMK AL-MUJTAMA’ PAMEKASAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 13, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Arni, H., Efi, A., & Rahmiati. (2012). Pengembangan Modul Desain Busana Dengan Adobe Photoshop CS3. E-Journal Home Economic and Tourism, 1(1), 1-17. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/view/521/441
Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas RI.
Dick, Walter R. dan Carey, Lou. 2005. The Systematic Design of Intructional Glenview. Illions: Scott, Forestmen and company.
Fatonah, J. (2015). Pengembangan Modul Bordir Sasak pada Mata Pelajaran Menghias Kain Bagi Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Ngawen. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Journal of Education Technology, 1(4), pp. 260-264. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/download/12863/8131
Muhammad, M., Hudaidah., & Supriyanto. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah untuk Sekolah Menengah Atas di Kota Palembang. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/view/5300/2858
Qoriah, Y., Sumarno., & Umamah, N. (2017). The Development Prehistoric of Jember Tourism Module Using Dick and Carey Model. Jurnal Historica, 1(1), pp. 98-115. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/5103/3766