ENHANCING STUDENTS’ ACTIVITIES LEARNING USING SELF-DIRECTED LEARNING MODEL BASED ON ICT

Main Article Content

Yulia Rizki Ramadhani Rini Kesuma Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa melalui penerapan model self-directed learning berbasis teknologi sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan perangkat teknologi secara benar dan tepat. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi. Aspek-aspek aktivitas belajar mandiri mahasiswa yang diteliti adalah (1) kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan proses belajar mengajar,(2) kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah,(3)interaksi mahasiswa selama kegiatan proses belajar mengajar,(4) tanggung jawab mahasiswa, dan (5) motivasi dan kegairahan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah academic writing dengan menggunakan Model Pembelajaran self directed berbasis ICT  dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah academic writing. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor aktivitas belajar mahasiswa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan meningkat pada siklus II. Model pembelajaran self-directed berbasis ICT dapat dikembangkan lagi untuk dapat diterapkan pada program studi  lain di lingkungan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Bagi penggunna pertama kali, perlu pelatihan yang lebih mendalam dari dosen dan juga operator serta aktif dalam memperbaharui informasi, materi kuliah, dan tugas begitu juga dalam melakukan manajemen sistem e-Learning sehingga dapat sejalan dengan kurikulum yang berlaku.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Ramadhani and R. Siregar, “ENHANCING STUDENTS’ ACTIVITIES LEARNING USING SELF-DIRECTED LEARNING MODEL BASED ON ICT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 53, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Abdullah, S. 2009. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Mencapai Standar Proses. Pembelajaran Matematika. Fasilitator (4), hlm 43-47.
Arikunto, Suharsimi, et.al.,.2007. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Biggs, J. 2003. Teaching for Quality Learning at University Second edition. The Society for Research into Higher Education and Open University Press, Buckingham.
Bistari BsY. 2010. Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol. 1, No. 1, pp. 11-23.
Dahlan, C. 2000. Berbahasa Inggris Guru SMU se-Sumatera Selatan dalam Forum Pendidikan No.03 Tahun xxv/September 2000. Lembaga Penelitian Universitas Malang, Malang.
Gibbons, Maurice. 2002. “The Self-Directed Learning Handbook”. John Wiley and Sons.
Harmer, Jeremy. 2003. The Practice of English Language. Pearson Education Limited, London.
Harputra, Yuswin. 2018. Using the applications of information and communication technology in English teaching. Elm və İnnovativ Texnologiyalar Jurnalı (4). Journal of Science and Innovative Technologies,hlm 39-50.
Hiemstra, R. 1994. Self-directed learning. In T. Husen & T. N. Postlethwaite (Eds.), The International Encyclopedia of Education (second edition), Pergamon Press, Oxford. Reprinted here by permission.
Holstein, Hermann. 1984. Murid Belajar Mandiri. Remaja Karya, Bandung.
Lusy et al. 2018. Designing an Augmented Reality Strategy: ELearning/ Extensive Reading. International Journal of Engineering & Technology, [S.l.], v. 7. n. 2.13. p. 410-412. Available at: https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/16933.
Siswoyo, Dwi dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. UNY Press, Yogyakarta