TEACHERS’ PRACTICESOF INTEGRATED PRONUNCIATION INSTRUCTION INJUNIOR HIGH SCHOOL

Main Article Content

Siska Hidayatin Nikmah Slamet Setiawan Ahmad Munir

Abstract

Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi oleh kurangnya penelitian-penelitian yang berfokus pada praktek pengajaran pengucapan Bahasa Inggris khususnya di sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan praktek-praktek pengajaran pengucapan Bahasa Inggris khususnya di level sekolah menengah pertama yang selama ini telah dilakukan oleh guru Bahasa Inggris di Indonesia. Selanjutnya, berangkat dari hasil yang akan diperoleh dari penelitian ini, praktek-praktek tersebut dapat dikaji lebih dalam pada penelitian-penelitian selanjutnya maupun kebijakan pemerintah untuk pengembangan kualitas dan profesionalitas pengajaran pengucapan Bahasa Inggris khususnya pada level sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pengalaman dan praktek dalam mengajarkan materi pengucapan Bahasa Inggris. Subjek dalam penelitian ini adalah empat guru Bahasa Inggris yang mengajar di sekolah-sekolah menengah pertama di Surabaya dan Mojokerto. Hasil penelitian menggambarkan telah adanya kesadaran pentingnya dalam menyisipkan pengajaran pengucapan dalam setiap materi Bahasa Inggris yang diajarkan, pendekatan pengajaran yang sering dilakukan oleh para pengajar meliputi pengajaran pengucapan bersamaan dengan penegenalan kosa kata baru dan mengikutsertakan murid untuksenantiasa menunjukkan pemerolehan pengajaran pengucapan dengan role play, berpidato atau membuat proyek video.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Nikmah, S. Setiawan, and A. Munir, “TEACHERS’ PRACTICESOF INTEGRATED PRONUNCIATION INSTRUCTION INJUNIOR HIGH SCHOOL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 181, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Apriyan, S., & Purnawan, A. (2017). Improving Students' Speaking Ability Using Chain Story Technique in Recount Text for Grade VIII SMPN 1 Wates in Academic Year 2016/2017. E-Journal of State Univeristy of Yogyakarta, 1-5.
Ary, D., Jacobs, L., Sorensen, C., & Razavieh, A. (2010). Introduction to Research in Education . Canada: Wadsworth.
Celce-Murcia, M., Brinton, D., & Goodwin, J. (1996). Teaching Pronunciation; A Reference for Teachers of English to Speakers of Other Languages. New York: Cambridge University Press.
Cimenli, B. (2015). On Pronunciation Teaching and Semiotics. Procedia-Social and Behavioral Sciences , 634-640.
Gilakjani, A., & Sabouru, N. (2016). Why English Pronunciation Ignored by EFL Teachers in Their Classes. International Journal of English Linguistics, 195-208.
Gusrina, & Amri, Z. (2013). Students, Englishspeak.com as Media for TEaching Pronunciation of Junior High School. Journal of English Language Teaching, 2(1), 94-102.
Hasanah, N. (2019). Pronunciation Error in Minimal-Pair Words Commited by Junior High School Stduent in Waru Sidoarjo. Surabaya: Digilib.uinsby.
Hidayah, M. (2013). The Errors of English Pronunciation in Learning English Produced by Students of Al-Izzah Islamic Boarding House. Malang: Eprints UMM.
Istiani, N. (2018). English Pronunciation Errors by Seventh Grade Madurese Students. SELL Journal, 3(1), 73-81.
Jenkins, J. (2000). The Phonology of English as an International Language. Oxford: Oxford University Press.
Jones, R., & Evans, S. (1995). Teaching Pronunciation through Voice Quality. ELT Journal, 49(3), 244-251.
Kenworthy, J. (1987). Longman Handbooks for Language Teachers: Teaching English Pronunciation. New York: Longman Group UK.
McKay, S. (2002). Teaching English as an International Language. Oxford: Oxford University Press.
Szyszka, M. (2016). English Pronunciation Teaching at Different Educational Levels: Insights into Teachers' Perceptions and Actions. Research in Language, 165-180.
Wei, Y., & Zhou, Y. (2002). Insights into English Pronunciation Problems of Thai Students. ERIC document reproduction service No. ED476746 .
Wong, R. (1993). Pronunciation Myths and Facts . English Teaching Forum, 45-46.
Zsiga, E. (2013). The Sounds of Language: An Introduction to Phonetics and Phonology. UK: Wiley-Blackwell.