PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWAID ( Studi Kasus: SMP Unggulan NU Mojoagung Jombang )

Main Article Content

Rina dian Rahmawati Amrini Shofiyani

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa arab, yang disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran bahasa arab khususnya pembelajaran tarakib, dan juga rendahnya kemampuan siswa didalam memahami pelajaran tersebut. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Smp Unggulan NU Mojoagung, maka diterapkan model pembelajaran Peta Konsep. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 siswa. Hasil yang diperoleh adalah melalui hasil tes siswa yang diambilkan dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II. Rata rata hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 66,74 dengan kategori Cukup. Sedangkan pada siklus II rata rata siswa meningkat menjadi 76,28 dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Smp Unggulan NU Mojoagung.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Rahmawati and A. Shofiyani, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWAID ( Studi Kasus: SMP Unggulan NU Mojoagung Jombang )”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 79, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Asmani Jamal ma’mur.2011. Tips Pintar PTK : Penelitian Tindakan Kelas. Laksana, Jogjakarta
Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta
Arifah Zakiyah. 2011.Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab berbasis Mind Map untuk Tingkat Perguruan Tinggi.Volume 3 nomer 1. Malang. El Qudwah
Ainin Moch. 2007. Metode Penelitian Bahasa Arab. Hilal Pustaka, Pasuruan.
Buzan Tony, 2005. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. PT Gramedia, Jakarta
Dahar Ratna Wilis. 2006. Teori Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga, Jakarta
Dimyati. Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta, Jakarta
HartantioYoppy. 2014. Penerapan Strategi Peta Konsep ( Mind Mapping ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika digital di SMKN 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.volume 03.nomor 01. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya
Pribady Benny A. 2015. Implementasi Stategi Peta konsep ( concept mapping ) dalam program tutorial teknik penulisan artikel ilmiah bagi guru. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh. Volume , nomer 2.Universitas Terbuka, Jakarta
Rusman. 2012. Model model Pembelajaran. PT.Rajagrafindo Persada, Jakarta.