DINAMIKA BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING SKILLS

Main Article Content

Itgo Hatchi Dwi Aninditya Siregar Lia Purnama Sari Suryadi Fajri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dinamika budaya sekolah di MAN 2 Padangsidimpuan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MAN 2 Padangsidimpuan, sedangkan untuk sampelnya adalah siswa kelas XI MIA 2. Hasil analisis data setelah penelitian didapatkan data observasi bahwa siswa di MAN 2 Padangsidimpuan memiliki dua kompetensi budaya sikap yaitu budaya spiritual dan budaya sosial. Pada kriteria budaya spiritual ini ada sepuluh aspek budaya sikap yang diamati. Didapatkah bahwa sembilan dari sepuluh budaya spiritual telah dimiliki oleh siswa MAN 2 Padangsidimpuan. Aspek yang tidak dimiliki yaitu menghargai perbedaan agama karena seluruh siswa di MAN 2 Padangsidimpuan beragama Islam. Untuk budaya sosial ada 4 aspek yang diamati dengan masing-masing kriterianya. Ternyata kriteria yang belum dimiliki oleh siswa MAN 2 Padangsidimpuan yaitu pada aspek nasinalisme rela berkorban. Jadi, secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa MAN 2 Padangsidimpuan telah memiliki dinamiki budaya sekolah yang bagus.      

Article Details

How to Cite
[1]
I. Hatchi, D. Siregar, L. Sari, and S. Fajri, “DINAMIKA BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING SKILLS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 84, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Ghufron, Anik. Panduan Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY, 2007.
In’am, Akhsanul. Efektivitas Model Pembelajaran Matematika berbasisi Metakognitif, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 21, No 1, April 2014.
Retnawati, Heri. 2017. Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan High Order Thinking Skills. Yogyakarta: UNY Press.
Koentjaraningkrat. 2003. Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayoto, Menyoal. Sumber Daya Manusia Manusia Indonesia, Artikel, Majalah Ilmiah Unikom Vol. 01, 2004.
Setiawati, Wiwik. Oktavia Asmira. Yoki Ariyana. Reisky Bestary. Ari Pudjiastuti. 2018. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemenristekdikti.
Sofyan, Fuaddilah Ali. Implimentasi HOTS pada Kurikulum 2013. Dalam Jurnal Inventa, Vol. III No. 1 Maret 2019.