Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) yang Praktis Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika

Main Article Content

Lia Purnama Sari Itgo Hatchi Dwi Aninditya Siregar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development. Research and development adalah metode penelitian yang dipakai dalam menghasilkan produk tertentu dan menguji kepraktisan dan keefektifan produk. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan modul ajar berbasis project based learning (PjBL) yang praktis. Subjek penelitian yang digunakan adalah modul ajar berbasis PjBL. Dosen dan mahasiswa program studi pendidikan fisika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan merupakan responden dalam penelitian pengembangan modul ajar berbasis PjBL ini. Responden akan mengisi angket praktikalitas untuk mengetahui kepraktisan dari modul ajar yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian pengembangan dan uji coba yang telah dilaksanakan dengan menggunakan modul ajar berbasis PjBL bagi mahasiswa calon guru fisika dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul ajar yang dikategorikan pada modul ajar valid dan praktis. Kepraktisan dari modul ajar ini dilihat dari respon dosen dan mahasiswa yang menggunakannya dengan penilaian praktis.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Sari, I. Hatchi, and D. Siregar, “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) yang Praktis Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 87, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Depdikbud. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains untuk SMP. Jakarta: Depdiknas.
Kristanti, Yulita Dyah. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.5 No.2, September 2016, hal 122-128
Sudjana, N. dan Ahmad R.2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Titu, Maria Anita. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015.