PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING YANG VALID UNTUK SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

Sartika Rati Asmara Nasution Muhammad Syahril Harahap

Abstract

Abstrak


Hasil studi pendahuluan tampak siswa dan guru disibukkan kedalam muatan materi yang terdapat pada buku sehingga kurang memberikan pengalaman langsung pada siswa, Proses pembelajaran mengunakan pendekatan saintifik dan kurang memadukan dengan model lain. Sehingga Proses pembelajaran sebatas pemberian informasi semata, kurang memberikan masalah diawal pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang bermakna sehingga diharapkan perbaikan pembelajaran dengan mengembangakan sebuah bahan ajar tematik terpadu berbasis Model Project Based Learning. Pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan keterampilan memecahkan masalah dari apa yang mereka alami dalam upaya menciptakan pembelajaran yang bermakana bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan  yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) preliminary research atau analisis pendahuluan, (2) prototyping phase atau tahap perancangan, dan (3) assesment phase atau tahap penilaian”. Tahap preliminary research dilakukan untuk menentukan masalah dasar yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan analisis kurikulum dan analisi karakteristik siswa. Selanjutnya pada tahap prototyping phase bertujuan untuk melakukan Evaluasi formatif dilakukan pada setiap prototipe yang dihasilkan. Protoyping phase terdiri atas prototipe 1, prototipe 2, prototipe 3, prototipe 4 yang merupakan hasil dari evaluasi formatif. Selanjutnya tahap assesment phase dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dihasilkan. Aspek efektivitas yang diamati dalam proses pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik terpadu berbasis Project Based Learning (PjBL) adalah aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD.

Article Details

How to Cite
[1]
S. R. Nasution and M. Harahap, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING YANG VALID UNTUK SISWA KELAS IV SD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 108, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Grahalia Indonesia.
Daryanto dan Dwicahyono, Aris.2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP,PHB, dan Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar .Bandung: Pustaka Setia
Majid,Abdul.2007.Perencanaan Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Plomp, tjeerd dan Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Research. Netherland: Institute Curriculum for Development
Putra, Nusa. 2012. Reasearch and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Gravindo Persada
Sutirman. 2013. Media dan Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Surabaya: Pranada Media Group.
Warsono. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: Rosdakarya