PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nurbaiti . Lismawati Puspita Susilawati Marbun

Abstract

Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam matematika adalah LKS (lembar kerja siswa). Pembelajaran di sekolah dasar (SD) saat ini cenderung menggunakan LKS yang dijual dari penerbit dan buku paket, tidak terkecuali untuk mata pelajaran matematika. LKS matematika yang banyak digunakan pada dasarnya belum dirancang untuk mengembangkan berpikir kreatif. Keadaan yang demikian menjadi salah satu pemicu rendahnya aktivitas siswa dibanding guru dalam pembelajaran dan belum berkembangnya pemikiran kreatif siswa. Kenyataan permasalahan yang ditemukan perlu diberikan solusi berupa LKS yang memuat soal bersifat terbuka. Solusi ini diwujudkan dalam bentuk mengembangkan LKS berbasis Open Ended Problem yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengadopsi langkah-langkah yang dikemukakan olah Plomp, dimana langkah-langkahnya yaitu analisis, perancangan, evaluasi dan revisi. Model pengembangan penelitian ini diadaptasi dari model McKenny. Model ini  melalui tahapan analisis pendahuluan, tahap perancangan, dan tahap penilaian. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh beberapa ahli. LKS kemudian diujicobakan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan dari LKS tersebut. Kepratisan dilihat melalui hasil analisis observasi pelaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan guru. Keefektifan dilihat melalui observasi aktivitas dan hasil pemikiran kreatif siswa. Data yang terkumpul dari hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini berupa LKS berbasis Open Ended Problem untuk kelas VI SD yang sudah valid dari segi isi, pendekatan, format, dan bahasa. Tingkat validitas LKS berbasis Open Ended Problem materi pecahan dalam penelitian ini berada pada kategori valid. Hasil observasi, angket, dan wawancara menunjukkan bahwa LKS sudah praktis dari segi kemudahan penggunaan, penggunaan waktu, dan keterbacaan oleh guru dan siswa. Selain itu, LKS yang dikembangkan juga telah efektif terbukti dari hasil perhitungan lembar observasi aktivitas siswa ketika menggunakan LKS Open Ended Problem dalam dalam pembelajaran maka keaktifan siswa mengalami peningkatan, begitu juga dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian makan peneliti menyimpulkan bahwa LKS berbasis Open Ended Problem yang dikembangkan untuk siswa kelas VI SD dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Article Details

How to Cite
[1]
N. . and L. Susilawati Marbun, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 207, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikkan. Jakarta: depdiknas. Grafindo Persada.
Plomp, Tjeerd. 2010. An intoduction to educational Design Research. Netherlands: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.
Uno, Hamzah B. & Nurdin Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara, Jakarta