PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN RESPONS MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 SURABAYA

Main Article Content

Ari Sudibjo

Abstract

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik isi maupun sistemnya. Penelitian bertujuan menggunakan layananGoogle classroom yang digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada materi alat optik untuk meningkatkan respons motivasi dan hasil belajar siswa di SMPN 4 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang menjelaskan gambaran-gambaran hasil penelitian. Instrumen penelitian mengunakan lembar validasi media pembelajaran dari ahli media dan guru IPA, angket siswa serta lembar hasil belajar. Sebelum media pembelajaran Google classroom digunakan pada siswa, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh dua ahli media, dan hasil validasi didapatkan nilai sebesar 85,95%.Nilai tersebut menyatakan media IPA berbasis google classroom layak untuk dipergunakan. Respons motivasi siswa terhadap Google classroom di SMPN 4 Surabaya dalam penelitian ini setuju 70 %, persentase sangat setuju 20%, yang tidak setuju dan sangat tidak setuju masing-masing persentasenya 10% dan 0%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan Google classroom di SMPN 4 Surabaya hasilnya meningkat, yaitu rata-rata hasil pre-test39,76 dan ketika pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran IPA dengan e-learning berbasis Google classroom, nilai kognitif siswa cukup meningkat dibandingkan sebelumnya menjadi 76,05.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sudibjo, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN RESPONS MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 278, Aug. 2019.
Section
Artikel

References

A.M Sardiman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali pers.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek.Edisi Revisi Kelima. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrapindo Persada.
BSNP. 2006. Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pelajaran Fisika SMP.Jakarta : BSNP
Dahar, Ratna Willis 1998. Teori-Teori Belajar. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. Jakarta
Dewi Salma Prawiradilaga, Eveline Siregar. 2004. Mozaik teknologi pendidikan, Penerbit : Prenada Media Group
Dimyati. Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri.2006. Strategi belajar mengajar, Jakarta : Rineka Cipta
Esti, Sri.1989 .Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Hakim, Abdul Bakir. 2016, Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, GoogleClassroom Dan Edmodo. Vol 2 No 1, Januari 2016. ISSN : 2442-8337. http://esqbs.ac.id/journal/index.php/istatement/article/view/16/14. Tanggal akses 17 Mei 2018
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hartanto, Wiwin. 2016. Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Vol 10 No 1 (2016).
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3438. Tanggal akses 20 Mei 2018
Ibrahim, Muslimin. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya : Unesa University Press.
Kustijono, Rudy. 2012. Pembelajaran Berbasis Inquiri Melalui Pengembangan Blog Pembelajaran Fisika Dalam Mata Kuliah Multimedia. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. Vol 2 No 2, Desember 2012. ISSN: 2087-9946
Miarso, Yusufhadi. 2007, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Penerbit : Kencana Jakarta.
Muhammad, S. 2014. Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning BerbasisWeb Dan KonvensionalTerhadap Tingkat Keberhasilan BelajarMahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi UniversitasBina Darma Palembang). SNASTIKOM 2014, 1.
Muhibin, Syah. 2003, Psikologi Belajar.Jakarta : PT. Garasindo
Nadziroh, Faridatun.2017.Analisis Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning.Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS).2(1):1-14
Nasution. 1982. Teknologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.
Pappas, Christopher. 2015. Google Classroom Review: Pros And Cons Of Using Google Classroom In eLearning. https://elearningindustry.com/google-classroom-review-pros-and-cons-of-using-google-classroom-in-elearning . Tanggal akses 15 Mei 2018
Pradana, Panca, Bagas, D.2017.Pengaruh Penerapan Tool Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal IT-Edu.2(1):59-67
Psriyitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: P2LPTK.
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sadiman Arief,dkk. 1992. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo.
Sani, R,A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi kurikulum 2013, cetakan ke tiga. Jakarta : Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A,M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media
Subandowo, dkk. 2015. Buku Pedoman Penulisan Tesi. Surabaya : Program Pascasarjana TEP UNIPA Surabaya
Sugiyono. 2008. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi, Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tipler,2001. Fisika untuk sains dan teknik Jilid. 1 Jakarta Erlangga
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tujuan Konseptual Operasional. Jakarta Timur: Bumi aksara.