PENGARUH PENGGUNAAN MODUL EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PINANGSORI

Main Article Content

Perima Simbolon

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan modul ekosistem  berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas x SMA Negeri 1 Pinangsori tahun ajaran 2019/2020. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan tekhnik cluster random sampling. Kelas yang terpilih menjadi sampel adalah kelas X MIA3 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil observasi penggunaan modul ekosistem berbasis problem based learning nilai 93 kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum penggunaan modul ekosistem berbasis problem based learning diperoleh nilai 56,9 kategori kurang, sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa sesudah penggunaan modul ekosistem berbasis problem based learning diperoleh nilai 80,9 kategori baik.   Terjadinya peningkatan nilai kemampuan berpikir kritis siswa berarti penggunaan modul ekosistem berbasis problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Simbolon, “PENGARUH PENGGUNAAN MODUL EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PINANGSORI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 348, Aug. 2019.
Section
Artikel

References

Hendacipta, Dkk. 2017. Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing di sekolah dasar. JPSD Vol.3No. 2
Surip, Muhammad. 2016. Berpikir kritis. Jakarta: Halaman Moeka Publishin
Susilo,dkk. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik UntukPeningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xii Sma N I Slogohimo 201. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26.
Wijaya, Cece. 2007. Pendidikan Remedial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya