TRADISI MARTUTUR PADA MASYARAKAT (Studi Kasus Masyarakat Desa Gunung Malintang)

Main Article Content

Sahrudin Pohan

Abstract

Salah satu dari bermacam tradisi yang terdapat dalam masyarakat desa Gunung Malintang kecamatan Barumun Tengah adalah bertutur atau martutur. Tutur atau martutur dapat diartikan sebagai satu ucapan atau kata yang digunakan pada saat berkomunikasi atau menyapa seseorang. Sehubungan dengan itu di dalam penggunaan tutur atau martutur terkandung makna kesopanan untuk menghormati dan menghargai orang lain. Oleh karena itu sudah sepantasnya bila tradisi martutur ini tetap dapat dipelihara dan dipertahankan dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tutur dalam masyarakat, mencari penyebab menipisnya kemampuan atau kesadaran masyarakat dalam bertutur dan melihat dampak negatif dengan menipisnya kesadaran masyarakat dalam bertutur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian yang diperoleh diantaranya keberadaan tutur yang terdapat dalam masyarakat masih tetap utuh seperti masa-masa dahulu, penyebab menipisnya kesadaran atau kemampuan masyarakat dalam bertutur diakibatkan oleh adanya akultrasi atau percampuran budaya dan tingkat pendidikan masyarakat, dan dampak yang timbul dari menipisnya kemampuan atau kesadaran masyarakat dalam bertutur diantaranya hilangnya satu kesopanan untuk menghargai atau menghormati orang lain, semakin jauhnya pertalian hubungan kekeluargaan diantara masyarakat dan terakhir sangat dimungkinkan bila tradisi ini lama-lama menjadi hilang.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Pohan, “TRADISI MARTUTUR PADA MASYARAKAT (Studi Kasus Masyarakat Desa Gunung Malintang)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 351, Aug. 2019.
Section
Artikel

References

Basrowi, 2005, Pengantar Sosiologi, Bogor: Ghalia Indonesia.
Jagokata,com/artikata/tutur,html.diakses,07/02/2020.
Milles, Haberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Terj. The-tjep Rohani Rohidi, Jakarta: UI Pers.
Soekanto Soerjono, 2010. Pengantar Sosiologi. Jakarta: PT. Kencana Prenada
Media Group.
________, 2006. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. RajaGrapindo Persada.