ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DAN METAKOGNITIF SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 ANDAM DEWI

  • Mei Kristina Situmorang Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: mathematic creative thinking ability, metocognitive, Covid-19

Abstract

This study aims to describe mathematic creative thinking ability and student’s metacognitive during Covid-19 pandemic in SMA Negeri 1 Andam Dewi. This research was conducted by applying descriptive quantitative method. Sample of this research is 20 students which taken by using cluster random sampling technique from 36 students.  Questionnaire and test were used in collecting the data. Questionnaire sheet shows the average of students’ metacognitive  is 78.61 (good category) and test sheet shows the average of mathematic creative thinking ability is 83.53 (high category). Futhermore by using ttest Kolmogorov- Sminov shows significant value is less than 0.05 (0.000<0.05). It means there is any significant influence of students’ metacognitive on mathematic creative thinking ability during Covid-19 pandemic in SMA Negeri 1 Andam Dewi.

References

Ahmad, Marzuki dan Nasution, Dwi Putri (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Journal Gantang III(2) (2018): 83-95.
Ahmad, Marzuki (2017). Evektifitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Education and development STKIP Tapanuli Selatan. Vol.6 N0.4 Hal 34-40.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian sutu pendekatan praktek. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. Hal.127
Eni, Yunanti. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Kelas IX MTS N Metro Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro.
Harahap, Muhammad Syahril (2018). Meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan bahan ajar RME (Realistic Mathematic Education). Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal). IPTS Vol.3 no.2 Hal 115-124
Hardika,Saputra.8 februari 2021. Kemampuan Berfikir Kereatif Matematis Pada Siswa Sekolah. https://www.researchgate.net/publication/326682090_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KREATIF_MATEMATIS
Hasibuan, Rahmi Dinuriah (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Vol.6 N0.4 Hal 34-40.
Lestari,Selvia, dan Rohmatul. 2019. Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif siswa: Alternatif Pembelajaran Di Kurikulum 2013. V0l.5 No. 2 Tahun 2019. Hal 93-106
Rangkuti, Ahmad, Nizar.2014. Statistik untuk penelitian pendidikan.Bandung: Ciptapustaka Media. Hal 75
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka media. Hal 46-49
Rifda,Khairunisa dan Nining,setya nigsih. Analisis Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial ditinjau dari Perbedaan Gender, Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaran II (KNPMP II) Universitas Muhammadiyah Surakarta,18 Maret 2017. Hal 465-474
Romadhon, Syahru. Harahap, Muhammad Syahril dan Siregar, yulia Pratiwi. 2019. Evektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Swasta Al-Aminatul Hidriyah Pangirkiran. Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 2 . No. 2 Juli 2019. Hal 85-92
Sihotang, darpin. (2020). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di kelas XI SMK Negeri 1 Sosorgadong. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal).
Siregar, Rosmilan (2020). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas VII SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal).
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial Bandung: Refika Aditama. Hal 296
Sugiyono. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta. Hal. 15
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Manajemen Bandung: Alfabeta. Hal. 145
Sugiyono. 2014. Metode penelitianKuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono dan Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel, Bandung Alfabeta. CV
Published
2021-11-01
How to Cite
Situmorang, M., Harahap, M., & Ahmad, M. (2021, November 1). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DAN METAKOGNITIF SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 ANDAM DEWI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 119-128. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.2685