UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

  • Nur Haminah Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Erwina Azizah Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Alvi Sahrin Nasution Universitas Graha Nusantara

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindandakan kelas (Classroom Action Research), yaitu merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan pastisipasif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar siswa meningkat. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TkJ 1 SMK N 1 Batang Angkola Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 30 orang siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kemampuan meningkatkan hasil bejar siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika, meningkatakan minat belajar siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran melalui media e-learning. Hal ini dilihat dari hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh persentase 56,3% dengan kategori “Baik ,selanjutnya persentase observasi siswa siklus II sebesar 75,56% dengan kategori “Sangat Baik”.2)Kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media berbasise-learning siswa kelas X SMK N 1 Batang Angkola  pada materi Trigonometri tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase hasil tes belajar siswa matematika yaitu 43% dengan kategori “Cukup” pada siklus I menjadi 86% dengan kategori “Baik” pada siklus II.3)Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode  e-learning pada pokok bahasan Trigonometri di kelas X SMK N 1 Batang Angkola  tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dilihat dari hasil observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 83.33% dengan kategori “Baik” menjadi 95,83% dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus II.

References

Abdurrahman , Mulyono (2012). Anak kesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Alfabeta (2012). Metode dan model-model pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers
Annurahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Asmindanmansyur(1996).MediaPendidikan:Pengertian,Pengembangan,dan pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada
Aroson, Elliot. (2006). The jigsaw Classroom Web site Social Psycology Network.Oktober 2016. Vol. 3 No. 1.
Arikunto,Suharsimi.( 2002).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta
Effendi, Empy dkk.( 2005). E-learning konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi
Hanafia, Nanang dan Suhana, Cucu. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Z
Imas & Berlin, (2015), Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Surabaya: Kata Pena.
Jurnal Pena Edukasi, Vol 3 No. 6, Nopember 2016
Lewis,( 2002). Lesson Study : A Handbook Of Teacher-lead intructional. Philadelphia PA: Rearch for Better Scholls.
Martin Jenkins And Janet hanson, Generic Center ( 2003), E-learning Saries: Guide For Senior manangers. LSTN Gerenic Center.
Rohmah , L. (2016). Konsep E-learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan islam,
Jurnal Study Annur . Vol. 3 Nomor 2.
Rustam. (2004) peneliti tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi, Jakarta : PT Bumi Aksara
Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran,Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
SitiFatimah( 2009).Matematika Hakikat & Logika, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Trianto. (2009). Pendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Kencana Predana Media
Group.
Trianto.(2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka
Walgito, Bimo. (2004) .Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
Zaini, Hisyam dkk. (2008).Strategi Pembelajaran Aktif,Yogyakarta: Pustaka Insan
Published
2021-11-01
How to Cite
Hasibuan, N., Hasibuan, E., & Nasution, A. (2021, November 1). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 368-372. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.3144