Analisis Kemampuan Pemahaman onsep atematika Siswa Menggunakan Model Example Non Example di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui persentase siswa yang memahami konsep matematika siswa menggunakan model example non example. Penelitian ini dilakukan di kelas IX-2 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitan yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi lingkaran, wawancara dengan guru mata pelajaran matematika dan wawancara bersama beberapa siswa kelas IX-2 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunkan analisis data deskriptif. Dalam penelitian ini, analisis kemampuan siswa dalam memahami konsep maematika yaitu dengan mengelompokkan siswa dalam 3 kelompok, selanjutnya dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika. Yang manadibuktikan dengan 5 soal tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 29 siswa kelas IX-2 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sebanyak 9,8% siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep, 5,10% siswa mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari sebuah konsep, 7,24% siswa mampu mengklarifikasikan objek menurut sifat-sifatnya, 4,03% siswa mampu menerapkan konsep secara algoritma pada soal nomor 4 dan 3,65% pada soal nomor 5.
References
Arikunto. 2007. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aulia Rahmi Dkk, Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples. Jurnal Ilmiah Kependidikan (3. 2022)
Cici Eldina Marbun, Rahmatika Elindra, Sinar Depi Harahap. 2022. Konsep analisis kemampuan memahami matematika siswa kelas X menurutJender pada SMKN 1 Sosorgadong. Journal mathedu (jurnal pendidikan matematika). Vol 5 no 3
Lismawati Sitorus, Eva Yanti Siregar, Roslian Lubis. 2022. Analisis tinjauan kemampuan pemahaman matematika siswa dari kesulitan belajar pada waktu pandemi covit-19. Journal mathedu. Vol 5 no 3 (2022).
Muhammad Rizal Usman, dkk, (2022). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal MathEdu (mathematic education journal).
Nur Isnaini Utami, Dkk, (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi komposisi fungsi, jurnal ilmiah Pendidikan matematika.
Nursia Amar, Dkk, (2019). Efektifitas metode pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar matematika. Journal peqguruan: conferemce series.
Putri wulandari dan Leonard, pengaruh metode pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar matematika siswa (2015: 77)
Satori, Djama’an dan Komariah, Aan. 2013. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta Cv.
Siti mawaddah, Ratih Maryanti, (2016). Kemampuan pemahman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning), EDU- MAT jurnal Pendidikan matematika.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian manajemen pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Pendidikan (Action research), penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta Cv.
Sugiyono, 2016. Metode penelitian manajemen (edisirevisi). Bandung: Alfabeta Cv.
Vivi Aledya, kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa.