FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINATNASABAH DALAM MELAKUKAN SIMPAN PINJAM DI KOPERASI CU. FAOMASI TELUKDALAM

  • Indah Permatasari Lase Universitas Nias Raya
  • Maria Magradale Universitas Nias Raya
Keywords: Kualitas pelayanan, perilaku nasabah, minat nasabah

Abstract

Masyarakat melakukan simpan pinjam di koperasi karena suku bunga rendah. Namun, betapa rendahnya suku bunga jika kualitas pelayanannya rendah, hal tersebut dapat menurunkan minat nasabah. Oleh karen itu, tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah (2) Untuk mengetahui minat nasabah dalam melakukan simpan pinjam di koperasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah etnografi dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: (1) Reduksi data, (2) Model data, (3) Penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian dikemukakan, bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam melakukan simpan pinjam di koperasi yaitu faktor perilaku nasabah dan faktor pelayanan. Kemudian minat nasabah dalam melakukan simpan pinjam di koperasi yaitu suku bunga rendah, persyaratan adminsitrasi yang tidak sulit dan pencairan dana pinjaman cepat.Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah yaitu perilaku nasabah dan pelayanan; (2) Minat nasabah dalam melakukan simpan pinjam di koperasi didorong oleh suku bunga renda, persyaratan administrasi mudah dan proses pencairan dana pinjaman cepat.  Peneliti menyarankan (1) Hendaknya pihak koperasi menjaga komitmen dan konsisten dalam memberikan pelayanan kepada nasabah; dan (2) Peneliti selanjutnya sebaiknya membahas lebih dalam lagi dengan sumber data lebih banyak.

References

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiastuti, Rini. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Malang: Bumi Aksara.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2019. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama.
Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Salim dan Syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi.
Anova, An Noor Rizza. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Berbelanja di Tulip Swalayan Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol. 11, No. 1. STIE Banjarmasin.
Dewi, Chandra. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Boga-Bogi Surakarta. Jurnal Informatika. Vol. 1, No. 2. STIE-AUB Surakarta.
Hadani, Aditya Lazuardi. 2008. Analisis Pengaruh kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Empiris Pada PT. Sriwijaya Air Distrik Semarang). Jurnal Bisnis Strategi. Vol. 17, No. 2.
Hanum, Zubaidah. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi. Vol. 6, No. 1. Politeknik LP3I Medan.
Nasution, Mhd Sukri Helmi. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada CV. Master Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Artikel Ilmiah Fakultas Ekonomi. Universitas Pasir Pengaraian.
Novanto, Herdanu Sri. 2010. Kualitas Pelayanan: Faktor-Faktor Yang Mempenagaruhi dan Dampaknya Pada Nilai Pelanggan (Studi Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Ahmad Yani Semarang). Jurnal Bisnis Strategi. Vol. 19, No. 1.
Putra, Aprizal. 2016. Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Pada Produk Perabot (Kasus Kindy Jati Gallery Pekanbaru). Jurnal Jom Fisip. Vol. 3, No. 2. Universitas Riau.
Rasyadi, Ilham. 2017. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Mobil Mitsubishi Tipe Pajero (Kasus Dealer Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru). Jurnal Jom Fisip. Vol. 4, No. 1. Universitas Riau.
Saidani, Basrah dan Arifin, Samsul. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 3, No. 1. Universitas Negeri Jakarta.
Published
2023-08-16
How to Cite
Lase, I. P., & Magradale, M. (2023, August 16). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINATNASABAH DALAM MELAKUKAN SIMPAN PINJAM DI KOPERASI CU. FAOMASI TELUKDALAM. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 225-237. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5454