EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • maya lestari sipahutar FP MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: model pembelajaran, AIR, Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keefektifan penggunaan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) pada kemampuan penalaran matematis siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan  dengan menerapkan eksperimen (one group pre-test post-test design) dengan sampel 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 283 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan rata-rata menggunakan model pembelajaran AIR adalah 2,75 (kategori baik) dan Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran AIR adalah 50,44 (kategori sedang) dan setelah menggunakan model pembelajaran AIR adalah 79,32 (kategori baik). Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Selanjutnya dengan menggunakan formulasi effect size, hasilnya menunjukkan bahwa g = 0,83 (rata-rata efektif) untuk kemampuan penalaran matematis. Artinya penggunaan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.

Published
2019-10-29
How to Cite
sipahutar, maya. (2019, October 29). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 31-41. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1005