EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

bahasa indonesia

  • Dorima Batubara Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar penggunaan model Kooperatife Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 35 orang, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah  penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) kelas X SMK Negeri 1 Batang Angkola memiliki nilai 3,48 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Sebelum menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) siswa memiliki kemampuan penalaran dengan rata-rata nilai 51,71 berada pada kategori “Kurang Baik”, sedangkan kemampuan penalaran yang dimiliki siswa sesudah penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) memiliki nilai rata-rata nilai 90 berada pada kategori “Sangat Baik”, sehingga dapat disimpulkan model Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap kemampuan penalaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Batang Angkola. Dilihat dari tabel Paired Sample Test Hipotesis Alternatif (Ha) yang ditegakkan diterima yaitu diperoleh nilai yang signifikan 0,000 < 0,05 artinya hipotesis alternative yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima kebenarannya sehingga disimpulkan, “efektifnya penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas X SMK Negeri 1 Batang Angkola”.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Model TAI, Kemampuan penalaran matematis

Published
2019-10-29
How to Cite
Batubara, D. (2019, October 29). EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 10 -15. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1038