EFEKTIVITAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVIKELAS VIII MTS. S ISLAMIYAH NAPARBARBARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran SAVIefektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbaran.Waktu penelitian yang dilakukan selama 3 bulan mulai dari bulan Februari sampai bulan April 2019.Jenis metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen.Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbaranyang terdiri dari 4 kelas pararel dan jumlah 80 orang.Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dimana pengambilan sampel dilakukan di kelas VIII-3 yang berjumlah 20 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes.Berdasarkan perhitungan penggunaan model pembelajaran SAVI yang ditetapkan peneliti diperoleh nilai rata-rata 90 masuk kategori “Sangat Baik”. Kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum menggunakan model pembelajaran SAVIsiswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbarandiperoleh nilai rata-rata 76,88 berada pada kategori “Baik” sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika sesudah menggunakan model pembelajaran SAVIsiswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbarandiperoleh nilai rata-rata 86,88 berada pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan uji t-tes diketahui nilai signifikan levene’s test for equality of variances adalah sebesar 0.611 > 0.05, maka dapat diartikan bahwa varians data antara prettest dengan posttest adalah homogen atau sama. Sedangkan output independent samples test pada bagian equal variances assumed diketahui nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independen sample t- tes dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antararata-rata hasil belajar siswa pada prettest dan posttest.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.