EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Masdewani Lubis ipts
  • Eva Yanti Siregar
  • Sinar Depi Harahap
Keywords: Model Pembelajaran time Token, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran time token terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topik sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimental (one group pretest post test design) dengan 27 siswa sebagai sampel dan mereka diambi ldengan menggunakan teknik simple random sampling dari 169 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran time token adalah 2,87 (kategori baik) dan (b) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topic sistem persamaan linear dua variabel sebelum menggunakan model pembelajaran time token adalah 52.48 (kategori sedang) dan setelah menggunakan model pembelajaran time token adalah 81,25 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistic inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22) dan formulasi N-gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0.000 <0.05) dan g = 0.75 (tinggi). Artinya, menggunakan model pembelajaran time token sangat efektif digunakan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topik sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.

Published
2020-06-26
How to Cite
Lubis, M., Siregar, E., & Harahap, S. (2020, June 26). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 43-49. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1625

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>