EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

  • Vinni Alvenita Tarihoran ipts
  • Eva Yanti Siregar
  • Sinar Depi Harahap
Keywords: GI Learning Model, Students’ Mathematical Communication Ability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model pembelajaran GI efektif pada kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik kubus pada siswa kelas delapan SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 28 siswa sebagai sampel dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 259 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran GI adalah 3,18 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik kubus sebelum menggunakan model pembelajaran GI adalah 62,38. (kategori cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran GI adalah 81,07 (kategori sangat baik). Selanjutnya,tes, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, menggunakan model pembelajaran GI efektif digunakan pada kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik kubus pada siswa kelas delapan SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Published
2020-06-26
How to Cite
Tarihoran, V. A., Siregar, E. Y., & Harahap, S. D. (2020, June 26). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 75-81. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1773