EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Sri Rejeki Sihotang ipts
  • Rahmatika Elindra
  • Agus Saleh
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan  model pembelajaran kontekstual pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik teorema Pythagoras pada siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 27 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 167 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran kontekstual adalah 3,85 (kategori sangat baik) dan (b) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik teorema Pythagoras sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual adalah 53,77 (kategori kurang) dan setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual adalah 82,28 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22) dan formulasi N-gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan g = 0,74 (kategori tinggi). Artinya, menggunakan model pembelajaran kontekstual sangat efektif digunakan pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik teorema Pythagoras pada siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.

Published
2020-11-03
How to Cite
Sihotang, S. R., Elindra, R., & Saleh, A. (2020, November 3). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 110 - 120. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1775

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>