EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DIKELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran mind mapping pada kemampuan berpikir kreatif matematis pada topik aritmatika sosial pada siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Padang Bolak. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 77 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran adalah 2,83 (kategori baik) dan (b) rata-rata prestasi aritmatika sosial siswa sebelum menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran adalah 58,88 (kategori adil) dan setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping adalah 84,19 (kategori sangat baik). Selanjutnya,tes, (SPSS versi 16) dan N-Gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan g = 0,81 (efektif tinggi). Artinya, model pembelajaran mind mapping memiliki efektifitas tinggi pada kemampuan berpikir kreatif matematis pada topik aritmatika sosial pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.