PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

  • Ali Canra Pulungan STKIP Padang Lawas
Keywords: Snowball Throwing, pemecahan masalah, matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada keefektifan yang signifikan menggunakan
model pembelajaran snowball throwing pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada
topik sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri2 Batang Angkola.
Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design)
dengan sampel 21 siswa dan mereka diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling dari 104
siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat
ditemukan (1) rata-rata menggunakan model pembelajaran snowball throwing adalah 3,30 (kategori
sangat baik) dan (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada sistem topik
persamaan linier dua variabel sebelum menggunakan model pembelajaran melempar bola salju adalah
64.48 (kategori cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran melempar bola salju adalah 81.33
(kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample
ttest, (SPSS versi 17), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, ada
keefektifan penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa pada topik sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri2
Batang Angkola.

Published
2020-06-26
How to Cite
Pulungan, A. (2020, June 26). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 82-88. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1820