EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU

  • Efrida Rumondang Harahap ipts
  • Roslian Lubis
  • Nenni Farida Lubis
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Creative Problem Solving

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (One Group Pretest Posttest Design) dengan 25 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan tehnik total sampling. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata penggunaan model pembelajaran creative problem solving adalah 3,83 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang sebelum menggunakan model pembelajaran creative problem solving adalah 53,28 (kategori kurang) dan setelah menggunakan model pembelajaran creative problem solving 75,68 (kategori baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,00 <0,05). Artinya, model pembelajaran creative problem solving efektif digunakan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang pada siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu.

Published
2020-11-03
How to Cite
Harahap, E., Lubis, R., & Lubis, N. F. (2020, November 3). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 15 - 22. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1855