ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENERAPAN TEOREMA PYTHAGORAS

  • Siska Maimunah Siregar ipts
  • Marzuki Ahmad
  • Febriani Hastini Nasution Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPTS
  • Nurhidaya Fithriyah Nasution Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPTS
Keywords: Problem Solving Abilities, Pythagorean Theorem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah pemecahan masalah siswa SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. pada penelitian hanya membahas tentang pemecahan masalah matematis siwa. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis yang menyertakan reduksi data (reduksi data), penyajian data, dan kesimpulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Sumber data adalah 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 P adangsidimpuan yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu kelompok siswa yang dapat memecahkan masalah matematis tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat menyimpulkan siswa dengan kemampuan memecahkan masalah pada kelompok yang paling rendah yang sesuai dengan solusi untuk masalah matematis, siswa dengan kemampuan memecahkan masalah matematis pada kleompok sedang maksimum memenuhi tiga indikator, dan siswa dengan kelompok-kelompok yang berkapasitas tinggi mampu mendukung minimal tiga matematis siswa.

Published
2021-03-01
How to Cite
Siregar, S., Ahmad, M., Nasution, F., & Nasution, N. (2021, March 1). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENERAPAN TEOREMA PYTHAGORAS. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 71 - 79. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1890

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.