EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT MANUNIS KA'UMNAIS SUKU UIM BIBUIKA KECAMATAN BOTIN LEOBELE KABUPATEN MALAKA

  • Anita Mar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor
  • Oktovianus Mamoh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor
  • Stanislaus Amsikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor
Keywords: Eksplorasi, Etnomatematika, Uim Re’u Manunis Ka'umnais

Abstract

ABSTRAK

 

Budaya merupakan kebiasaan masyarakat yang terjadi secara turun temurun yang menjadi identitas dari suatu daerah. Salah satu yang menjembatani pendidikan dan budaya khususnya pendidikan matematika adalah etnomatematika. Etnomatematika merupakan ilmu yang menghubungkan soal kebudayaan yang terdapat pada suatu suku atau daerah dengan unsur matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat pada uim re’u Manunis Ka’umnais. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian dilaksanakan di Desa Babotin, Kecamatan Botin Leobele, Kabupaten Malaka, pada tanggal 19 September 2020. Subjek penelitian ini adalah informan yaitu kepala suku. Instrumen penelitian berupa human instrument, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur-unsur bangunan seperti tiang, dinding dan atap dari uim re’u Manunis Ka’umnais memuat konsep-konsep matematika yang terdapat pada materi geometri seperti titik, garis, bangun datar, bangun ruang, kesebangunan, dan transformasi geometri (refleksi).

 

References

Amsikan, S. & Nahak, S. (2017) Hubungan Konsep Ruang Ume Kbubu Desa Kaenbaun Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Konsep Geometri. Prossiding KNPMP II. Surakarta: UMS.
Bramasti, R. (2012). Kamus Matematika. Surakarta: Aksarra Sinergi Media.
D’Ambrosio, U. (1997). ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. Ethnomathematics: Challenging Eurocentrism in mathematics education, 13-24.
Deda, Y. N. & Amsikan, S. (2019) Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric in Kefamenanu Community. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1) 1-12.
Funan, F. X., & Mamoh, O. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le’u Insana Dalam Kaitannya Dengan Konsep Geometri. range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 63-75.
Hasratuddin, P. M. S. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).
Munawwaroh, I. (2016). Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli yang Dilakukan Pedagang Sayur dalam Masyarakat Madura di Paiton Probolinggo.
Nur, R. K. (2015). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Suku Madura di Situnondo. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1-4.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1).
Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125.
Sumardyono, S. P. (2004). Karakteristik Matematika Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Tandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometris Budaya Toraja). Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1 (1).
Tarigan, Daitin. (2006). Peningkatan Pemahaman Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B Tk Kklkmd Kuwon Bambanglipuro Batul. Skripsi. Pendidikan prasekolah dan sekolah dasar, fakultas ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding,
Published
2021-07-01
How to Cite
Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021, July 1). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT MANUNIS KA’UMNAIS SUKU UIM BIBUIKA KECAMATAN BOTIN LEOBELE KABUPATEN MALAKA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155-162. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2446