ANALISIS MINAT BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN III KELURAHAN PADANG MASIANG KECAMATAN BARUS

ANALISIS MINAT BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN III KELURAHAN PADANG MASIANG KECAMATAN BARUS

  • Saripahtul Khairah Pohan Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Tamin Ritonga Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

The background of this research is Covid- 19 pandemic in world that caused global health crisis. This problem made a policy to change offline learning to online. Based on the situation, the researcher is interested to describe the interest learning of students at Junior High School in Lingkungan III Kelurahan Padang Masiang, Barus sub-district. The approach of this research used qualitative descriptive and subject of the research is students of SMP in Lingkungan III Kelurahan Padang Masiang. Questionnaire and interview were used in collecting the data. The result of questionnaire shows 50% in enough interested, 40% in poor interested, and 10% in interested. Furthermore, the result of interview of parents show in poor interested  and interview of teacher shows in enough interested.  

References

Abdillah, Leon A. 2020. Stigma Terhadap Orang Positif COVID-19. http://eprints.binadarma.ac.id/4163/. Diakses pada bulan Juni 2020.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar Dan pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Faturrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2014. Belajar dan pemeblajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Kalimedia.
Friantini, Rizki Nugraha dan Winata, Rahmat. 2019. Analisis Minat Belajar Pad Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Volume IV; 6-11.
Detik News. https://news.detik.com/berita/d-4943950/latar-belakang-virus-corona-perkembangan-hinnga-isu-terkini diakses pada tanggal 10 Februari 202
Miles, Matthew B dan Huberman, A.Michel. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarata: Penerbit Universitas Indonesia.
Nurhasanah, Siti dan Sobandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidkan Manajemen Perkantoran. Volume I Tahun 2016; 128-135.
Nurkholis. 2020. Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD. Volume VI Tahun 2020.
Oktavia, Dhea Nada., Sutisnawati, Astri., & Maula, Luthfi Hamdani. 2020. Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Rendah. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. Volume II Tahun 2020.
Pakpahan, Roidha dan Fitriani, Yuni. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR: Journal Of Information System, Applied, Manajement, Accounting And Research. Volume IV Tahun 2020.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.
Ricardo dan Meilani,Rini Intansari. 2017. Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidkan Manajemen Perkantoran. Volume II Tahun 2017; 188-201.
Riyanto, Yatim. 2012. Pradigma Baru Pemeblajaran. Jakarta: Kencana.
Setiawan, Adib Rifqi. 2020. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidika. Volume II Tahun 2020; 28-37.
Sholikhah, Zidayatush., Kartana, Tri Jaka., & Utami, Wikan Budi. 2018. Efektifitas Model Open Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UNIKU. Volume IV; 35-46
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Simbolon, Naeklan. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. E.S.J: Elementary School Jurnal PGSD FIP UNIMED. Volume II Tahun 2013.
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
WHO (World Health Organization). 2020. Cara Pencegahan Virus Corona COVID-19 Menurut Anjuran WHO. https://ilovelife.co.id/blog/cara-pencegahan-virus-corona-covid-19-menurut-anjuran/. Diakses pada tanggal 10 Februari 2021.
Yerianto, Ahmat. Penyakit Virus Corona (Covid-19) Gejala, Penyebab, Pengobatan, Dan Cara Pencegahan Virus Corona. https://m.klikdokter.com/penyakit/Coronavirus. Diakses pada tanggal 11 Februari 2021.
Published
2021-07-01
How to Cite
Pohan, S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021, July 1). ANALISIS MINAT BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN III KELURAHAN PADANG MASIANG KECAMATAN BARUS. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 253-260. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2506