ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Krisanta Simarmata Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: media pembelajaran,, power point,, , pembelajaran online,, pandemi Covid -19

Abstract

The background of the research is the Covid - 19 pandemic that hit all countries in parts of the world, including Indonesia. This problem creates a home learning program policy by implementing online learning. The purpose of this study was to describe the use of power points in online learning during the Covid-19 pandemic at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Andam Dewi.The approach of the research used qualitative descriptive by applying data analysis technique which includes data reduction, presentation, and taking conclusion. Questionnaire and interview were used in collecting the data with 15 students as the respondents. The result of the research shows 4 students are decent, 7 students are enough decent, and 4 students are less decent. It’s concluded that the average of using power point is 35.26% (enough decent).

References

Adam, S dan Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS journal. Vol 3, No. 2 tahun 2015.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka.
Harianja Sorta Dameria, Elindra Rahmatika, Siregar Eva Yanti. 2020. Evektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Berbasis Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 5 Padang Sidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Volume 3. No. 3 November 2020.
Falahudin. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. No. 4 tahun 2014.
Miftah,M. 2013. Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Volume 1, No. 2 tahun 2013.
Maryatun. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Volume 3, No. 1 tahun 2015.
Putria, Hilna. Maulana, Hamdani Luthfi dan Uswatun, Azwar Din. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 4, No. 4 tahun 2020.
Silalahi. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Tirtiana, Chandra. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akt SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal. Volume 2, No. 2 tahun 2013.
Tafanao Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Volume 2, No. 2 juli tahun 2018.
Umar. 2014. Media Pendidikan : Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. Volume 11, No.1 tahun 2014.
Published
2021-07-01
How to Cite
Simarmata, K., Elindra, R., & Siregar, E. (2021, July 1). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 224-230. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2684