Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP NEGERI 1 PINANGSORI

  • Arini Hutagalung IPTS
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Peningkatan, Model Auditory Intellectually Repetition (AIR), Kemampuan Spasial

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP Negeri 1 Pinangsori. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pinangsori. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, tes, angket, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan spasial siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan spasial siswa, dimana pada Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar 48,72% dengan rata-rata skor 73,51. Sedangkan pada Siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar 87,18% dengan rata-rata skor 79,14.\Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pinangsori.

Published
2018-11-24
How to Cite
Hutagalung, A., & Harahap, M. (2018, November 24). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP NEGERI 1 PINANGSORI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 15-23. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/296