Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan

  • Indri Isnayanti Pendidikan Matematika FPMIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap Pendidikan Matematika FPMIPA IPTS

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa di SMP N 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah  siswa kelas VIII-2 SMP N 3 Padangsidimpuan dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen dari penelitian ini adalah silabus, RPP. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian dua silus tersebut menunjukkan adanya peningkatan  kemampuan spasial matematika siswa, dimana pada siklus I hasil rata-rata skor siswa sebesar 68,6. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan cukup tinggi dengan hasil rata-rata skor siswa sebesar 88,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meningktakan kemampuan spasial matematika siswa di SMP N 3 Padangsidimpuan dengan pembelajaran kooperatif.

 

 

Kata Kunci: Penigkatan, Kemampuan  Spasial, Pendidikan Matematika

Published
2020-02-28
How to Cite
Isnayanti, I., & Harahap, M. (2020, February 28). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 117 - 122. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/922