EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • Yetti Novriyanti Hutagalung FPMIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra Pendidikan Matematika Fakultas MIPA IPTS

Abstract

Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenggambarkankeefektifanpenggunaan model pembelajarantreffingerpadakemampuanpenalaranmatematissiswapadasiswakelasVIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.Penelitianinidilakukandenganmenerapkaneksperimen (one group pre-test post-test design) dengansampel 27 siswadandiambildenganmenggunakanteknik cluster random sampling dari 283 siswa. Pengamatandantesdigunakandalammengumpulkan data.Berdasarkananalisisdeskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajarantreffingeradalah 3,00 (kategoribaik) dan (b)Rata-rata kemampuanpenalaranmatematissiswasebelummenggunakan model pembelajarantreffingeradalah 50,48 (kategorisedang) dansetelahmenggunakan model pembelajarantreffingeradalah 81,84 (kategorisangatbaik). Selanjutnya, denganmenggunakanformulasi N-Gain, hasilnyamenunjukkan G = 0,69 (rata-rata efektif)untukkemampuanpenalaranArtinya Pengggunaan model pembelajarantreffingerefektifpadapenalaranmatematis siswapadasiswakelasVIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.

Published
2019-07-04
How to Cite
Hutagalung, Y., & Elindra, R. (2019, July 4). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 99 - 104. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/956