EFETIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS SYHBUDDIN MUSTAFA NAULI

  • bunga siregar FP MIPA IPTS
  • Hanifah Nur Nasution

Abstract

           Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang efektivitas penggunaan model pembelajaran Team Quiz dengan kemampuan  pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII MTs Syahbuddin Mustafa Nauli. Mendidik, Mengajarkan dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangatlah penting dan jangan dianggap hal sepele. Dimana Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs SYahbuddin Mustafa Nauli  yang terdiri dari 5 (lima) ruangan dengan jumlah siswa 142 orang siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIIAP yang berjumlah 26 siswa dengan menggunakan tekhnik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang sebelumnya sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran tentang penggunaan model pembelajaran Team Quiz  dimana  nilai rata-rata mencapai 3,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Team Quiz   diperoleh nilai rata-rata 52,88 dengan kategori “Kurang”. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Team Quiz  diperoleh nilai rata-rata 75,19 dengan kategori “Baik”, dengan kata lain terjadi peningkatan penggunaan model pembelajaran Team Quiz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Artinya, “Model pembelajaran Team Quiz efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII MTs Syahbuddin Mustafa Nauli”.

Published
2019-07-04
How to Cite
siregar, bunga, & Nasution, H. (2019, July 4). EFETIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS SYHBUDDIN MUSTAFA NAULI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 1-8. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/979