EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP DISPOSISI MATEMATISSISWA SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN

  • Rizky Qomariah Lubis fpmipa
  • Muhammad Syahril Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) terhadap disposisi matematis siswa Sekolah Menengah Padangsidimpuan 10. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan desain satu kelompok pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling dari populasi 109 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan kuesioner. Dari hasil analisis data, hasil yang diperoleh a) penggunaan pendekatan RME memperoleh nilai rata-rata 0,93 termasuk dalam kategori yang sesuai, b) nilai disposisi matematika siswa sebelum menggunakan pendekatan RME adalah 70,041 dalam kategori " Sedang "dan nilai rata-rata setelah menggunakan RME adalah 83,86 dalam kategori" Tinggi ". Selanjutnya, dengan menggunakan uji sampel berpasangan, nilai signifikan kurang dari 0,005 (0,000 <0,005) diperoleh. Dengan demikian penggunaan pendekatan RME yang efektif untuk disposisi matematika siswa Sekolah Menengah Padangsidimpuan 10.

Published
2019-07-04
How to Cite
Lubis, R., & Harahap, M. (2019, July 4). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP DISPOSISI MATEMATISSISWA SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 71-75. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/986