efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Mengajarkan dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangatlah penting dan tidak boleh dianggap sepele. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan yang terdiri dari 6 (enam) ruangan dengan jumlah 153 orang siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII4 yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan tekhnik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang sebelumnya sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran tentang pendekatan PMR dimana nilai rata-rata mencapai 3,83 dengan kategori “Sangat Baik”. Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum Pendekatan PMR diperoleh nilai rata-rata 52,72 dengan kategori “Kurang”. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah Pendekatan diperoleh nilai rata-rata 77,92 dengan kategori “Baik”. Agar diketahui hipotesis yang ditegakkan dalam penelitian ini efektif atau tidak, maka dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan siperoleh nilai sig 0,00<0,05, maka hipotesis alternative yang diujikan dapat diterima. Dengan kata lain terjadi peningkatan pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Artinya, “Pendekatan PMR efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan”.
Kata kunci:, Efektivitas, Pendekatan, PMR, Pemecahan Masalah, Matematis