EFEKTIVITAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVIKELAS VIII MTS. S ISLAMIYAH NAPARBARBARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran SAVIefektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbaran.Waktu penelitian yang dilakukan selama 3 bulan mulai dari bulan Februari sampai bulan April 2019.Jenis metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen.Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbaranyang terdiri dari 4 kelas pararel dan jumlah 80 orang.Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dimana pengambilan sampel dilakukan di kelas VIII-3 yang berjumlah 20 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes.Berdasarkan perhitungan penggunaan model pembelajaran SAVI yang ditetapkan peneliti diperoleh nilai rata-rata 90 masuk kategori “Sangat Baik”. Kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum menggunakan model pembelajaran SAVIsiswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbarandiperoleh nilai rata-rata 76,88 berada pada kategori “Baik” sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika sesudah menggunakan model pembelajaran SAVIsiswa kelas VIII MTs. S Islamiyah Napabarbarandiperoleh nilai rata-rata 86,88 berada pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan uji t-tes diketahui nilai signifikan levene’s test for equality of variances adalah sebesar 0.611 > 0.05, maka dapat diartikan bahwa varians data antara prettest dengan posttest adalah homogen atau sama. Sedangkan output independent samples test pada bagian equal variances assumed diketahui nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independen sample t- tes dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antararata-rata hasil belajar siswa pada prettest dan posttest.