EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 PORTIBI

  • Rizki Alamsyah Harahap FFMIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Anni Holila Pendidikan Matematika IPTS
  • Marzuki Ahmad Pendidikan Matematika IPTS

Abstract

Abstract

                                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Portibi. Mengajarkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sangatlah penting dan jangan dianggap hal sepele. Jenis penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas X  sebanyak 142 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA-3 berjumlah 24 orang dengan menggunakan tekhnik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang sebelumnya sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran tentang pendekatan pendidikan matematika realistik  dengan nilai rata-rata 3,56 dengan kategori “Sangat Baik”. Gambaran kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik diperoleh nilai rata-rata 59,23 dengan kategori Kurang”. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sesudah menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik diperoleh nilai rata-rata 83,47 dengan kategori “Sangat Baik”, dengan kata lain terjadi peningkatan penerapan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif  matematis siswa. Artinya, “Pendekatan pendidikan matematika realistik efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis  siswa di SMA Negeri 1 Portibi”.

 

Kata-kata kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa

 

Published
2019-10-29
How to Cite
Harahap, R., Holila, A., & Ahmad, M. (2019, October 29). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 PORTIBI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 64 - 74. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1125